reportase ketiga pertemuan ke empat "Segmentation and Targeting"

Senin 04 Maret 2013 diruang 307 gedung Daksinapati berlangsung kuliah Manajemen Pemasaran yang diampu oleh Bapak Amril Muhammad, SE. M.Pd. selaku dosen mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa dalam Pendidikan. Pada hari tersebut ialah pertemuan keempat dalam perkuliahan sesuai dengan silabus yang membahas tentang Segmentation and Targeting. Segmentasi adalah kegiatan membagi pasar menjadi kelompok pembeli. Segmentasi pasar dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara yaitu mengelompokkan pembeli menurut kebutuhan, karakteristik, dan perilaku konsumen. Berdasarkan kebutuhan yaitu dengan melihat berbagai jenis kebutuhan seperti kebutuhan berdasarkan waktunya yaitu rutin, periodik, dan insidental atau sewaktu-waktu. Segmentasi memiliki dasar alternatif, yaitu pertama segmentasi demografis yang berarti melihat pada gender, usia, dan ukuran keluarga. Selanjutnya segmentasi sosio ekonomis yang memperhatikan pendapatan, pendidikan, dan kelas sosial. Ketiga adalah segmentasi psikografis yang menekankan pada perilaku dan gaya hidup konsumen. Dasar alternatif keempat adalah segmentasi geografis yang menjadikan lingkup pasar, kepadatan penduduk, iklim, atau segala hal yang berkaitan dengan lingkungan fisik, sebagai pertimbangannya. Terakhir adalah segmentasi penggunaan yaitu berbagai jenis pembeli berdasar intensitasnya, diantaranya heavy users (pembeli sering sekali), medium users (pembeli yang cukup sering), occasional users (pembeli yang jarang menggunakan) dan non users (bukan pembeli). Tepat pukul 10.30 perkuliahan manaejemen pemasaran pada pertemuan tersebut diakhiri.

0 Response to "reportase ketiga pertemuan ke empat "Segmentation and Targeting""

Posting Komentar