Reportase kelima "Bauran pemasaran"

Senin 25 Maret 2013 diruang 307 gedung Daksinapati berlangsung kuliah Manajemen Pemasaran yang diampu oleh Bapak Amril Muhammad, SE. M.Pd. selaku dosen mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa dalam Pendidikan. Pada hari tersebut ialah pertemuan keenam dalam perkuliahan sesuai dengan silabus yang membahas tentang Bauran Pemasaran. Materi disampaikan oleh kelompok penyaji yaitu kelompok 2. Bauran pemasaran yang juga dikenal dengan istilah marketing mix adalah kumpulan alat taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk memperoleh tempat di masyarakat. Bauran ini masih sangat erat kaitannya dengan Positioning. Bauran pemasaran memiliki empat elemen yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Product adalah rancangan kita terhadap produk yang akan dipasarkan seperti desainnya, fitur produk, nama produk, dan merek produk. Price adalah harga yang berkaitan dengan produk yang akan dipasarkan seperti daftar harga dari produk kita, potongan harga yang akan diberikan kepada pembeli, periode pembayaran jika kita akan memberlakukan sistem kredit dalam menjual produk dan persyaratan kredit yang harus dipenuhi oleh pelanggan. Place adalah tempat yang akan kita jadikan sebagai lokasi pemasaran, hal-hal yang termasuk didalamnya adalah saluran, daerah cakupan, pemilihan lokasi penjualan, transportasi yang digunakan agar produk bisa sampai di tempat tujuan. Promotion adalah langkah yang dilakukan oleh penjual agar masyarakat dapat mengenal produknya dan membelinya. promosi dapat dilakukan dengan memasang iklan di berbagai media, melalui penjualan pribadi, promosi penjualan dan membina hubungan dengan masyarakat. Tepat pukul 10.30 perkuliahan manaejemen pemasaran pada pertemuan tersebut diakhiri.

0 Response to "Reportase kelima "Bauran pemasaran""

Posting Komentar