JAKARTA, Senin 20 Mei 2013 diruang 307
gedung Daksinapati berlangsung kuliah Manajemen Pemasaran yang diampu oleh
Bapak Amril Muhammad, SE. M.Pd. selaku dosen mata kuliah Manajemen Pemasaran
Jasa dalam Pendidikan. Pada hari tersebut ialah pertemuan ketiga belas dalam
perkuliahan sesuai dengan silabus yang membahas perilaku konsumen. Materi
disampaikan kelompok penyaji
Perilaku konsumen adalah proses dan
aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan perusahaan pembuat produk dan
jasa dimulai dari pengamatan awal hingga penggunannya dan keberlangsungan
produk tersebut demi memenuhi kebutuhan dan keinginan yang diharapkan. Karakteristik pelanggan(konsumen)
didasarkan atas; kebudayaan, social, pribadi, acuan, kepribadian, citra diri
dan gaya hidup. Menarik bila kita melihat karakteristik yang mencerminkan citra
diri atau gaya hidup. Pelanggan membeli suatu produk agar bisa dikatakan
berbeda dengan yang lain, jadi bisa dikatakan itu bisa menopang strata
kehidupan si pembeli. Adapun perilaku yang berceminan dengan gaya hidup
diakibatkan kebutuhan diri untuk mengikuti perkembangan yang ada agar bisa
setara dengan teman, kolega, maupun lingkungan sekitar
Adapun perilaku pembeli terdapat 4 item: Pertama,
kompleks; ini mengindikasikan pembeli yang sempurna dan detil dalam melakukan
pembelian dan penggunaan suatu produk yang bermacam-macam dan dari produsen
yang beraneka ragam pula. Kedua; Mengurangi ketidak cocokan, tipe pembeli
seperti ini biasanya pembeli yang merasa kecewa dengan satu produk dan ingin
mencoba produk sama namun berbeda produsen. Ketiga; Berdasarkan kebiasaan,
hubungan yang erat antara produsen dan konsumen yang didasari kepuasan
pelanggan akan produknya menyebabkan pelanggan menggunakan segala produk yang
diciptakan produsen dikarenakan pelanggan percaya akan kualitas dari hasil yang
diciptakan. Keempat; Berdasarkan keberagaman, menurut saya tipe pembeli seperti
ini menyukai hal yang beda dan ingin memiliki semua perbedaan tersebut untuk
dibandingkan satu sama lain atau pembeli merasa puas apabila menyoba item yang
sama namun dari produsen yang berbeda-beda.
Diakhir pemaparan kelompok terdapat
istilah konsumerisme, diakabatkan oleh 2 hal 1. Proses ketidak puasan, ketidak
adilan yang diterima. 2. Mengusahakan untuk memperbaiki hal yang demikian.
Pukul 10.30 perkuliahan selesai.
0 Response to "reportase 12, pertemuan 13"
Posting Komentar