reportase 12, pertemuan 13

JAKARTA, Senin 20 Mei 2013 diruang 307 gedung Daksinapati berlangsung kuliah Manajemen Pemasaran yang diampu oleh Bapak Amril Muhammad, SE. M.Pd. selaku dosen mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa dalam Pendidikan. Pada hari tersebut ialah pertemuan ketiga belas dalam perkuliahan sesuai dengan silabus yang membahas perilaku konsumen. Materi disampaikan kelompok penyaji

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan perusahaan pembuat produk dan jasa dimulai dari pengamatan awal hingga penggunannya dan keberlangsungan produk tersebut demi memenuhi kebutuhan dan keinginan yang diharapkan. Karakteristik pelanggan(konsumen) didasarkan atas; kebudayaan, social, pribadi, acuan, kepribadian, citra diri dan gaya hidup. Menarik bila kita melihat karakteristik yang mencerminkan citra diri atau gaya hidup. Pelanggan membeli suatu produk agar bisa dikatakan berbeda dengan yang lain, jadi bisa dikatakan itu bisa menopang strata kehidupan si pembeli. Adapun perilaku yang berceminan dengan gaya hidup diakibatkan kebutuhan diri untuk mengikuti perkembangan yang ada agar bisa setara dengan teman, kolega, maupun lingkungan sekitar

Adapun perilaku pembeli terdapat 4 item: Pertama, kompleks; ini mengindikasikan pembeli yang sempurna dan detil dalam melakukan pembelian dan penggunaan suatu produk yang bermacam-macam dan dari produsen yang beraneka ragam pula. Kedua; Mengurangi ketidak cocokan, tipe pembeli seperti ini biasanya pembeli yang merasa kecewa dengan satu produk dan ingin mencoba produk sama namun berbeda produsen. Ketiga; Berdasarkan kebiasaan, hubungan yang erat antara produsen dan konsumen yang didasari kepuasan pelanggan akan produknya menyebabkan pelanggan menggunakan segala produk yang diciptakan produsen dikarenakan pelanggan percaya akan kualitas dari hasil yang diciptakan. Keempat; Berdasarkan keberagaman, menurut saya tipe pembeli seperti ini menyukai hal yang beda dan ingin memiliki semua perbedaan tersebut untuk dibandingkan satu sama lain atau pembeli merasa puas apabila menyoba item yang sama namun dari produsen yang berbeda-beda.

Diakhir pemaparan kelompok terdapat istilah konsumerisme, diakabatkan oleh 2 hal 1. Proses ketidak puasan, ketidak adilan yang diterima. 2. Mengusahakan untuk memperbaiki hal yang demikian.


Pukul 10.30 perkuliahan selesai.

0 Response to "reportase 12, pertemuan 13"

Posting Komentar